Langsung ke konten utama

pengertian Dasar Karya Tulis Ilmiah

PENGERTIAN DASAR KARYA TULIS ILMIAH 
Makalah 
Disusun Guna Memenuhi Tugas 
Mata kuliah: Karya Tulis Ilmiah 
Dosen Pengampu: Muhammad Noor Sulaiman Syah, S. Pd.I M.Pd. 

Disusun oleh Kelompok 1: 
1. Azlinda Febriani Putri (1710310118) 
2. Larosa Ulin Nafi’ah    (1710310121) 
3. Annisa Ulinnuha Darliana(1710310122) 
4. Hasyim Asnawi (1710310139) 


JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYYAH 
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN 
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS 
TAHUN 2018 
BAB 1 
PENDAHULUAN 
A. Latar belakang 
Karya tulis ilmiah adalah sebuh karya tulis yang disajikan secara ilmiah dalam sebuah forum atau media ilmiah. Karya tulis ilmiah dapat diartikan sebagai representasi dari hasil jerih payah seseorang atas ciptakan atau karangan yang dipublikasikan secara ilmiah. 
Sebuah karya dapat dikategorikan kedalam karya ilmiah jika memiliki kriteria-kriteria terkait. Kata ilmiah sendiri berarti, sesuatu yang mengandung ilmu atau pengetahuan. 
Ada anggapan bahwa menulis karya tulis ilmiah itu sulit, rumit, dan sebagainya. Hal itu bisa disebabkan karena penulis tidak memperhatikan kaidah-kaidah dalam menulis karya tulis ilmiah. Sebelumnya banyak juga membuat karya tulis ilmiah tanpa pedoman sehingga hasilnya kurang dapat diakui. 
Dalam prakteknya, membuat karya tulis ilmiah merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan mahasiswa. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang kurang memperhatikan penulisan karya tulis ilmiah, terutama dalam membuat makalah atau tugas lainnya. 

B. Rumusan Masalah 
1. Apa pengertian karya tulis ilmiah ? 
2. Apa jenis-jenis karya tulis ilmiah ? 
3. Apa manfaat penyusunan  karya tulis ilmiah? 
C. Tujuan 
1. Dapat mengetahui apa karya tulis ilmiah. 
2. Mengetahui jenis-jenis karya tulis ilmiah. 
3. Dapat mengetahui apa saja manfaat penyusunan karya tulis ilmiah. 




BAB II 
PEMBAHASAN 

A. Pengertian Karya Tulis Ilmiah 
Karya adalah hasil suatu perbuatan, ciptakan, karangan.  Karya ilmiah adalah karya yang dibuat  dengan prinsip-prinsip ilmiah, berdasarkan data dan fakta observasi, eksperimen, kajian,pustaka (KBBI, 2016). 
Karya tulis ilmiah dapat berupa berbagai macam bentuk tergantung kebutuhan pembuatnya. Karya tulis ilmiah dapat dikategorikan menjadi dua macam, yaitu karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, dan karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil pemikiran yang mendalam. Karya ilmiah yang ditulis menggunakan prinsip-prinsip ilmiah baik pada makalah, paper, artikel, dan karya ilmiah lainnya. 
Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa karya tulis ilmiah adalah hasil karangan tertulis yang dibuat berdasarkan prinsip ilmiah yang disertai data dan fakta yang empiris yang mengandung sebuah pengetahuan atau bersifat keilmiuan. 
Ada berbagai pendapat yang mengemukakan pengertian karya tulis ilmiah. Seperti pendapat sastrohuetomo (1977:11) yang menyatakan bahwa, ilmiah adalah suatu karangan yang didapat dari penyelidikan-penyelidikan. 
Sementara itu, Wardani (2009:1-5) menyatakan bahwa karya ilmiah adalah karangan yang disusun secara sistematis dan bersifat ilmiah. 
Pendapat lain yang dikemukakan oleh Suwandi (2011:78) menyatakan bahwa karya tulis ilmiah adalah karya tulis yang mengikuti kaidah dan jalan yang berlaku dalam ilmu pengetahuan serta memberikan sumbangan kepada khasanah ilmu di bidangnya masing-masing. 
Berdasarkan beberapa pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa karya tulis ilmiah adalah karangan yang ditulis secara sistematis berdasarkan kenyataan ilmiah yang menganut kaidah serta memberikan manfaat pada bidang ilmu masing-masing. 
Singkatnya, karya tulis ilmiah adalah karangan yang ditulis secara ilmiah yang menganut kaidah dan memberikan manfaat bagi orang banyak.   

B. Jenis-jenis Karya Tulis Ilmiah 
Karya Tulis Ilmiah dapat disajikan dalam berbagai macam bentuk sesuai kebutuhan dan keinginan pembuatnya.  
1. Makalah 
Makalah adalah kajian ilmiah hasil gagasan sendiri yang disajikan dalam bentuk tulisan. Makalah juga dapat diartikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa atas laporan hasil pelaksanakan tugas sekolah atau perguruan tinggi. 
Jadi, makalah sebagai kajian ilmiah dalam bentuk tulisan sebagai hasil pelaksanakan tugas atau laporan.     
2. Jurnal 
Pada prinsipnya penyusunan artikel ilmiah yang disajikan dalam bentuk jurnal ilmiah relatif sama dengan makalah ilmiah, hanya saja jurnal ilmiah memiliki karakteristik tersendiri yang membedakan dengan makalah. 
Pengertian dari jurnal itu sendiri adalah sebuah karya ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh organisasi atau institusi akademik yang memuat artikel-artikel hasil pemikiran dalam ilmu tertentu.  
3. Majalah 
Majalah merupakan salah satu bentuk media massa cetak.  Majalah adalah terbitan berkala yang meliputi liputan jurnalistik dan pandangan tentang topik actual yang patut diketahui pembaca. Majalah dibedakan berdasarkan kurun waktu penertibannya, yaitu majalah bulanan, mingguan, dan sebagainya. Berdasarkan isinya terdapat majalah berita, wanita, remaja, olahraga, sastra, ilmu pengetahuan, dan sebagainya.  
4. Review Book 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia review atau resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku, ulasan buku. Secara garis besar resensi diartikan sebagai suatu kegiatan dalam mengulas atau menilai baik buruknya suatu karya dengan memaparkan data-data sinopsis, dan kritikan terhadap karya tersebut. 
5. Laporan Hasil Penelitian 
a. Penelitian professional 
Adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh dosen atau peneliti lainnya. Penelitian dilakukan sesuai profesi yang memerlukan keahlian khusus untuk menjalankannya. 
b. Tugas akhir 
Adalah tugas yang diberikan kepada mahasiswa tingkat akhir sebelum membuat skripsi sebagai salah satu alat untuk memenuhi syarat dalam membuat skripsi. 
c. Skripsi 
Adalah karya ilmiah yang berupa penlitian kepustakaan maupun lapangan. Skripsi diajukan sebagai syarat untuk menempuh gelar sarjana strata 1 (S1). 
Dalam pembuatan skripsi, perlu adanya bimbingan dosen dan analisis yang mendalam terhadap hasil penelitian. 
d. Thesis 
Thesis pada intinya tidak jauh berbeda dengan skripsi. Perbedaan utama terletak pada ketajaman pengkajian serta kompleksitas masalahnya. Thesis di tulis mahasiswa strata 2 (S2) untuk mendapat gelar magister. 


e. Disertasi 
Adalah karya ilmiah yang di tulis untuk mencapai gelar doctor (S3). Disertasi merupakan karya dengan derajat keilmiahan paling tinggi. Disertasi diharapkan menghasilkan teori atau model baru dalam bidang yang digeluti penulisnya.  
6. Buku Ilmiah 
Buku ilmiah adalah buku yang isinya menguraikan suatu bidang ilmu. Buku ilmiah biasa dipergunakan disekolah atau perguruan tinggi. Buku ilmiah dapat berupa terjemahan, buku pelajaran, dan modul. 

C. Manfaat Karya Tulis Ilmiah 
Penyusunan karya tulis ilmiah  memberikan manfaat yang sangat besar sekali, baik bagi penulis maupun masyarakat. Menurut Si Kumbang (1981:2-5), ada empat manfaat yang diperoleh dari kegiatan tersebut, yang intinya adalah : 
1. Penulis akan terlatih menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber, mengambil sarinya, dan mengembangkan ketingkat pemikiran yang matang. 
2. Penulis akan terlatih mengembangkan keterampilan membaca yang efektif. 
3. Penulis akan berkenalan dengan kegiatan kepustakaan, seperti mencatat bahan bacaan dalam katalog pengarang atau katalog judul buku. 
4. Penulis akan dapat meningkatkan keterampilan dalam mengorganisasikan dan menyajikan fakta secara jelas dan sistematis.  




Ada beberapa  manfaat dari kegiatan penulisan karya ilmiah bagi seorang penulis, diantaranya :  

1. Sarana Pengembangan Pemikiran 
2. Sarana untuk menyimpan, mengorganisasikan, dan mensintesiskan gagasan 
3. Sarana untuk membantu menemukan kesenjangan dalam logika atau pemahaman 
4. Sarana untuk membantu mengungkap sikap kita terhadap suatu masalah 
5. Sarana untuk berkomunikasi 
6. Memperoleh kepuasan intelektual 
7. Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan 











BAB III 
PENUTUP 
A. Kesimpulan 
Karya tulis ilmiah adalah karya tulis yang dibuat berdasarkan kaidah atau prinsip ilmiah yang bersifat keilmuan. Karya tulis ilmiah dapat dipublikasikan dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan pembuatnya. 
Karya tulis ilmiah secara umum dibedakan menjadi dua macam, yaitu karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, dan karya ilmiah yang ditulis berdasarkan pemikiran yang mendalam. 
Pembuatan karya tulis ilmiah memiliki banyak manfaat, baik terhadap pelajar atau mahasiswa, terhadap dosen, masyarakat dan orang sekitar. 



















DAFTAR PUSTAKA 
Budiyanto, Dwi. Mengenal Karya Ilmiah, Universitas Negeri Yogyakarta, 2012. 
Nazihah, Fildzah. Majalah sebagai Media Cetak, Artikel Ilmiah, UPN Jatim,2012. 
Nero, Agus Sofyan dkk,. Bahasa Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah, BPDU-Universitas Widtyatama Bandung, 2007. 
Suryonoputro, Gunawan dkk,. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, (Jakarta : Uhamka Pers, 2012. 
Wagiran, Pengembangan Profesi Guru melalui Karya Tulis Ilmiah, Artikel Ilmiah, UNY,2011. 
Zaenal, E. Arifin. Dasar-dasar Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Grasindo, 2008. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Mewujudkan Kesadaran Literasi Digital di Era Global

Kemajuan teknologi semakin pesat, memudahkan semua orang untuk mengakses segala informasi setiap saat. Kemajuan teknologi juga diiringi dengan kemajuan perkembangan media digital. Berbagai media kini mengembangkan situs online nya untuk mengikuti trend sekarang, biar tidak ketinggalan zaman.   ada pula media yang hanya mengejar keuntungan ekonomi, dengan memberitakan atau menyampaikan informasi menurut ramainya pasaran. Hoax? Majunya teknologi harus diimbangi dengan majunya pemikiran dan juga kehati-hatian. Mudahnya informasi beredar tak khayal juga memudahkan hoax dan berita bohong kian menyebar. Pentingnya pengetahuan berliterasi dan bermedia sosial harus kita biasakan sejak sekarang. Biar tak mudah terjebak isu-isu yang beredar atau polemik yang sedang viral. Upaya penangkalan hoax sebenarnya sudah digemparkan sejak lama. Namun tak sedikit pula yang masih mudah terjebak dan termakan berita palsu tersebut. Rendahnya pengetahuan literasi masyarakat di Indonesia inilah yang mem

Sosiawan Leak dan 100 Puisi di Malam Purnama

  Panggung Ngepringan Kampung Budaya Piji Wetan Kudus dibuat riuh kebanjiran kata. Jumat (10/3/2023) malam, sastrawan, budayawan hingga para pemuda pegiat sastra saling melantunkan bait-bait puisi di malam purnama. Agenda itu bernama “Persembahan 100 puisi untuk 1 abad NU”. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dan Kampung Budaya Piji Wetan. Acara malam itu menjadi bukti, bahwa eksplorasi budaya perlu dukungan dan keterlibatan dari masyarakat. Acara yang dimulai dengan rangkaian lomba seperti pidato, puisi, hingga pemilihan duta pada siang harinya, kemudian ditutup dengan perayaan pentas puisi di Panggung Ngepringan. Hadir pula di tengah-tengah acara, camat Kecamatan Dawe Famny Dwi Arfana dan sastrawan terkemuka Sosiawan Leak. Usai 10 finalis lomba puisi membacakan karya puisinya, diikuti pementasan puisi Koko Prabu bersama timnya, Koordinator KBPW Jessy Segitiga yang membacakan puisi anaknya, Eko Purnomo dengan

Catatan Lepas

foto: finansialku.com Selasa, 1 November 2022, adalah hari yang cukup mengagetkan bagi saya. Hari itu, saya dipanggil oleh kantor redaksi untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah saya lakukan. Kabar itu sudah santer di lingkungan kantor, dan akhirnya saya harus memenuhi panggilan kantor sebagai bentuk tanggung jawab saya. Hasil pertemuan itu memutuskan, saya untuk satu bulan ke depan ini sudah beralih status menjadi kontributor di lingkar Jateng. Keputusan tersebut tentunya harus saya terima dengan lapang dada. Karena atas perbuatan saya sendiri yang memang salah, yakni menyabang di dua media sekaligus. Meskipun media yang satunya bukan merupakan media mainstream, namun media tetap media. Belum lagi, keteledoran saya yang mengirimkan tulisan ke dua media tanpa proses editing sedikitpun. Memang, saya seperti mempermainkan media yang sudah menerima saya dan menjadi pijakan saya beberapa bulan ini. Sebenarnya saya tak masalah, toh memang saya tidak punya niatan untuk bertahan lama di s